Ada kesalahan di dalam gadget ini

Selasa, 05 April 2011

CONSUMER BEHAVIOUR

Elemen dari komunikasi :

  • Pengirim atau sumber
  • Medium
  •  Pesan
  •  Penerima pesan
  •  Umpan balik
Pengirim atau sumber pesan mempunyai dampak yang besar ketika pesan tersebut diterima oleh penerima pesan itu 
Karakteristik pengirim atau sumber pesan :
1. Kredibilitas , merupakan kredibelitas yang ada pada pengirim pesan selaku spokesperson atau endorser. kredibilitas dari endorser itu sendiri penting karena endorser bertugas sebagai pendukung dan menyimpulkan dari pesan yang disampaikan , karenanya kredibilitas disini sangat benting untuk pesan yang menggunakan pemahaman yang rendah dan sulit untuk diartikan. Endorser atau pendukung juga harus disesuaikan yaitu harus berkaitan antara atribut produk dengan atribut endorser. 

Kredibilitas pesan juga terkait dengan beberapa faktor :
  • Sumber
  • Reputasi dari medium yang bersangkutan
  • Pengetahuan konsumen terhadap produk yang bersangkutan
2. Ketertarikan terhadap sumber pesan
Sumber pesan itu sendiri memperlihatkan nilai sosial yang ada, dan adanya anggapan bahwa yang bagus itu adalah yang cantik sehingga menarik perhatian dan ini juga dikategorikan sebagai physical attractiveness. Penggunaan seorang selebritis dalam menyampaikan pesan dan digunakan sebagai sumber pesan , hal ini harus disesuaikan apakah penggunaan selebritis tersebut cocok dengan produknya, seperti madonna dan coca cola. Beberapa juga terdapat sumber pesan yang menyanpaikannya bukanlah manusia melainkan karakter kartun, hal ini perlu dilihat apakah dengan memakai kartun dapat menarik perhatian khalayak

Pesan , apa bentuk pesan yang bersangkutan apakah berupa kata - kata atau hanya berupa gambar karena stimuli verbal akan mempengaruhi aspek utilitarian produk sedangkan stimuli visual akan mempengaruhi estetika suatu produk. Maka itu , pesan yang baik adalah pesan yang menggunakan kata - kata dalam suatu penjelasan dan mem[perkuatnya dengan menyediakan gambar - gambar sehingga konsumen lebih ingat terhadap produk yang ditawarkan. 

Bentuk- bentuk pesan
HUMOR APPEAL
FEAR APPEAL
SEXUAL APPEAL
COMPARATIVE AD
 kesimpulan 
consumer behaviour dalam insan periklanan perlu dipelajari karena karakter dari suatu masyarakat nantinya akan mempengaruhi minat masyarakat terhadap produk yang kita tawarkan , maka itu diperlukan pemahaman yang baik apakah suatu pesan yang kita tawarkan dapat diterima atua tidak dan perlu pula untuk mempelajari strategi untuk menghadapi pasar yang berubah - ubah.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar